Minggu, 29 Juli 2012

LAPORAN HASIL WAWANCARA


31 JANUARI 2012


RAHASIA DI BALIK KESUKSESAN



Penyusun   :
Khanifatur Rochmah


SMA NEGERI 1 KEBUMEN
2011/2012


LAPORAN HASIL WAWANCARA

A.    Tema
“Minat dan motivasi belajar”
B.     Tujuan
Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai minat dan motivasi belajar seorang guru waktu bersekolah.selain itu, wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai minat dan motivasi belajar siswa-siswi SMP N 4 Kebumen serta untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh dari minat dan motivasi belajar yang dimiliki setiap orang.
C.    Narasumber
1.      Bapak Drs.Edy Purwanto,guru fisika di SMP N 4 Kebumen.
D.    Pelaksanaan
Wawancara dilaksanakan pada           :
1.      Hari,tanggal          : Sabtu,28 Januari 2012
2.      Pukul                     : 15.00-14.45 WIB
E.     Daftar pertanyaan
1.      Siapa nama Ibu Bapak?
2.      Siapa nama Ayah Bapak?
3.      Kapan dan di mana Bapak dilahirkan?
4.      Siapa nama istri Bapak?
5.      Apakah Bapak mempunyai pekerjaan lain selain menjadi guru?
6.      Bisakah bapak menceritakan perjalanan Bapak ketika bersekolah?
7.      Apakah Bapak bersekolah atas kemauan Bapak atau dorongan orang tua?
8.      Di Universitas manakah Bapak bersekolah?
9.      Jurusan apa yang Bapak pilih?
10.  Mengapa Bapak mengambil jurusan tersebut?
11.  Apakah ada kebimbangan ketika Bapak memilih jurusan?
12.  Sejak kapan Bapak minat belajar dengan sungguh-sungguh?
13.  Hal apa yang memotivasi Bapak sehingga Bapak semangat dalam belajar?
14.  Siapakah yang memotivasi Bapak?
15.  Apakah ada sesuatu yang Bapak harapkan di balik minat belajar Bapak yang tinggi?
16.  Bagaimana suka dan duka Bapak ketika bersekolah?
17.  Mengapa Bapak ingin menjadi pahlawan tanpa tanda jasa?
18.  Apakah ada kebanggaan tersendiri menjadi seorang guru?
19.  Apakah ada kesulitan dalam mengajar?Apa kesulitan Bapak?Bagaimana Bapak mengatasinya?
20.  Apakah Bapak pernah mengeluh ketika mengajar?
21.  Solusi apa yang Bapak berikan ketika menghadapi anank-anak yang nakal?
22.  Apakah Bapak pernah merasa bosan dalam mengajar?Bagaimana cara mengatasinya?
23.  Bagaimana suka dan duka Bapak sesudah menjadi guru?
24.  Bagaimana otivasi dan minat belajar siswa-siswi sekarang?
25.  Apakah ada perbedaan motivasi dan minat belajar antara siswa-siswi sekarang dengan siswa-siswi sebelumnya?
26.  Bagaimana Bapak memotivasi siswa-siswi?
27.  Menurut Bapak,apakah ada dampak dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap minat belajar siswa?
28.  Menurut Bapak,apakah motivasi dan minat belajar mempengaruhi kesuksesan?
29.  Bagaimana usaha Bapak untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa?
30.  Apakah ada kejadian aneh selama Bapak menjadi seorang guru di sekolah ini?
31.  Saya dengar minggu lalu beberapa siswa di sekolah ini kesurupan.Apakah itu benar?
32.  Perlakuan apakah yang Bapak atau pihak sekolah berikan kepada siswa yang kesurupan itu?
33.  Menurut Bapak apa penyebab masalah itu terjadi?
34.  Apakah ada kaitannya dengan penebangan pohon beringin di sekolah ini?
35.  Apakah masalah ini menurunkan minat belajar siswa yang kesurupan maupun siswa yang lainnya?
36.  Bagaimana tindak lanjut Bapak atau pihak sekolah untuk mengatasi masalah ini supaya tidak terulang kembali?
37.  Bagaimana cara Bapak untuk meyakinkan siswa-siswa untuk percaya bahwa kejadian seperti itu tidak akan terulang kenbali?Bagaimana usaha Bapak untuk menghilangkan rasa takut yang dimiliki siswa-siswi d sekolah ini?
F.     Hasil wawancara
1.      Profil narasumber
Bapak Drs. Edy Purwanto adalah sosok pria yang lahir di Kebumen pada 13 Juli 1996.Beliau adalah putra sulung dari sembilan bersaudara yang dilahirkan dari sepasang suami istri bernama Bapak Darjo dan Ibu Suryati(alm).
Bapak Drs.Edy adalah seorang guru fisika di SMP N 4 Kebumen.Selain itu,beliau juga berdagang di rumah beliau dan membuka lowongan kerja bagi siapa yang membutuhkan.Kini beliau tinggal di Jl. Km 1 Kedung Bener,Kebumen.Beliau tinggal bersama istrinya yang bernama Ibu feny Purwanti dan kedua putranya.Putra sulung beliau telah bersekolah di SMA N 1 Kutawinangun kelas XI.Sedangkan,putra bungsunya masih bersekolah di SD N 3 Tamanwinangun.
Bapak Drs.Edy ini sering dipanggil dengan sebutan Bapak Edy Kocak.Memang,beliau terkenal dengan kekocakkan yang beliau buat yang mampu membuat perut setiap orang kesakitan tak tahan menahan tawa apabila melihat aksi dari Bapak Edy Kocak ini.
2.      Perjalanan menuntut ilmu
Bapak Drs.Edy adalah sosok pria yang tegar dan tabah.Beliau telah ditinggal ibunya ketika masih kecil.Beliau hidup hanya bersama ayah dan kedelapan saudaranya.Sejak kecil itulah beliau telah hidup mandiri.Berawal dari sekolah SD hingga perguruan tinggi beliau membiayai sekolah dari hasil usaha beliau sendiri dan hanya sedikit bantuan yang duberikan dari ayah beliau untuk membantu beliau bersekolah.Keluarga beliau ketika masih kecil termasuk kelas menengah ke bawah.dalam kondisi seperti inni tidak memungkinkan beliau untuk bersekolah dengan mengandalkan  harta benda yang ayah beliau punya.Namun,semangat belajar beliau tidak pernah pudar.Kemudian,beliau memutuskan untuk berternak ayam,marmut,kelinci,dan itik.Hasil yang diperoleh dari ternaknya itu untuk membiayai beliau bersekolah.Dari hasil yang diperoleh beliau kumpulkan sedikit demi sedikit dari hasilnya itu untuk membeli seekor kambing.Kambing yang beliau miliki dijual untuk membayar beliau masuk Universitas Muhammadiyah Purworejo.Selama berkuliah,beliau juga harus berjualan celana jins,dan mencuci motor atau mobil demi mendapatkan uang untuk membiayai beliau bersekolah.Beliau minat belajar atas kemauan beliau sendiri tanpa ada dorongan dari orang tua.
Di Universitas beliau mengambil jurusan Fisika,karena jurusan itulah yang paling sesuai dengan diri beliau.Sebelum beliau memilih jurusan,beliau sempat mengalami kebimbangan.Setelah mendapat nasihat dari paman beliau,beliau memilih jurusan fisika dari pilihan sebelumnya yaitu antara lain BP,militer,atau Matematika
3.      Motivasi dan minat belajar ketika bersekolah
Bapak Yuswindah dan Bapak Priyono M.Pd. adalah dosen yang telah memberikan motivasi kepada Bapak Drs. Edy.Sejak itulah beliau termotivasi dan minat belajar dengan sungguh-sungguh.Satu kalimat motivasi yang diberikan dosen beliau berintikan untuk berusaha keras dan pantang menyerah serta selalu dan kuat dalam menjalani liku-liku kehidupan.Dengan motivasi itulah beliau bersemangat dan berjuang keras untuk mencapai cita-cita beliau.
4.      Alasan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa
Motivasi dari dosen beliau itu,menumbuhkan minat beliau untuk menjadi seorang guru.Beliau menjadi seorang guru karena beliau ingin membahagiakan ayahnya dan ingin mengubah kehidupannya.Selain itu,beliau juga ingin berbagi apa yang beliau punya kepada orang lain terutama anak-anak didik beliau.Kebanggaan tersendiri dari seorang guru adalah ketika melihat siswa-siswi hasil didikannya menuai keberhasilan atau kesuksesan.
5.      Suka dan duka ketika bersekolah dan setelah menjadi guru
Suka dan duka ketika berssekolah.Kesenangan yang beliau alami sewaktu bersekolah yaitu ketika menggeluti dunia organisasi.Di dalam organisasi beliau mempunyai banyak teman dan banyak pengalaman yang menarik.Dukanya beliau bersekolah ketika beliau diejek oleh teman beliau dan haru mengumpulkan uang untuk membiayai sekolah beliau.Kesenangan beliau menjadi seorang guru adalah pekerjaannya yang santai dan bertemu dengan anak-anak.Sedangkan,kesusahan yang beliau rasakan ketika anak-anak ramai ketika sedang diajar dan tidak memperhatikan apa yang sedang beliau berikan.Pada saat-saat itulah beliau memberikan motivasi kepada anak-anak.Beliau memberikan wawasan terutama kepada anak-anak yang tergolong nakal.Beliau juga pernah merasakan kejenuhan dalam mengajar,tetepi kejenuhan itu beliau atasi dengan sabat dan rasa peduli beliau terhadap kesuksesan anak didik beliau.
6.      Misteri di SMP N 4 Kebumen
SMP N 4 Kebumen baru saja digemparkan dengan adanya siswa-siswa yang kesurupan pada hari senin, 16 Januari 2012. Kejadian ini tidak hanya berlangsung satu hari saja tetapi lima hari  berturut-turut. Pada hari pertama yang kesurupan sebanyak 10 anak. Hari kedua 8 anak, hari ketiga 6 anak, hari keempat 4 anak, hari kelima 2 anak. Menurut paranormal, kejadian ini bukan dikarenakan adanya penebangan pohon beringin yang berada di depan UKS., melainkan dipicu aleh kejiwaan anak-anak itu sendiri. Anak-anak merasa stres apabila mereka diajar oleh guru yamg tidak mereka sukai. Mereka merasa tertekan dan mempunyai beban. Untuk mengatasi masalah ini, pihak sekolah mendatangkan bebarapa kyai dan paranormal untuk mengusir roh-roh yang berada di dalam tubuh anak-anak yang kesurupan. Walaupun ada kejadian ini, minat dan motivasi belajar siswa tidak pudar. Mereka tetap bersemangat belajar. Namun, anak-anak masih merasa ketakutan terutama hari Senin. Untuk meyakinkan siswa bahwa kejadian itu tidak akan terulang lagi, guru memberikan konsep dan diberi masukan bahwa makhluk halus itu tidak boleh menyatu dengan roh yang nyata. Para kyai juga menyarankan kepada para guru untuk membuat kolam dengan air  gumantung, wangi-wangian dari minyak wangi, bunga kenanga, bunga kantil, dan bunga melati. Itu semua dilakukan untuk mencari aman siswa-siswi dalam belajar. Selain itu, kejadian sebelumnya juga pernah ada yang kesurupan, stres seperti kera, stres seperti harimau, banyak juga hal-hal aneh yang dialami oleh guru-guru seperti bunyi peluit, bunyi HP, dan anak bermain kelereng.
7.      Motivasi dan minat belajar siswa
Anak sekarang pada umumnya memilki motivasi dan minat belajar yang sangat sederhana. Tujuan mereka kebanyakan setelah lulus masuk ke SMK/SMEA. Cita-cita anak-anak juga sederhana. Motivasi dan minat belajar siswa sekarang semakin menurun karena adanya perkembangan tIK yang semakin modern, terutama internet. Anak belum bisa membagi waktunya sehingga kebanyakan waktunya hanya dihabiskan untu online, seperti FB, twitter dan sebagainya. Pengaruh internet ini juga menurunkan keaktifan siswa dalam mencari informasi.anak-anak hanya mengandalkan copypaste untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.berbeda dengan motivasi dan minat belajar siswa dulu mereka lebih aktif dan mereka lebih mengenal buku. Untuk mengerjakan tugas dari guru, mereka mencari buku dari berbagai sumber. Untuk mengatasi dampak negatif dari perkembangan TIK ini, pihak sekolah melarang anak—anak membawa HP, laptop selama KBM berlangsung.
Motivasi dan minat belajar sangat berpengaruh terhadap kesuksesan. Apabila anak memiliki motivasi dan minat belajar yang tinggi mereka juga mempunyai cita-cita yamg tinggi. Faktor-faktor orang yang sukses diantaranya :
1.      Anak bermotivasi
2.      Guru memberikan motivasi berhasil.
8.      Hadiah spesial untukku
Akhir dari wawancara ini, bapak Drs. Edi memberikan motivasi kepada kami. Beliau berkata,”Janganlah berharap kesuksesan itu akan datang dengan sendirinya tanpa ada kerja sama dan tidak mengatur waktunya. Jangan andalkan kekayaan orang tua untuk trus bersekolah, tetaplah tetap bersemangat dan pantang menyerah. Bermimpilah yang tingggi karena mimpi itu awal dari kesuksesan.
G.    Kendala pelaksanaan wawancara
Pada hari Selasa,24 Januari 2012 saya hendak mewawancarai Bapak Drs. Edy yang sebelumnya saya telah membuat janji dengan beliau.Sepulangnya saya sekolah,saya bergegas pergi ke SMP N 4 Kebumen.Saya ditemani oleh sahabat karib saya bernama Karimatus Sahrozat.Sahabat saya itu juga merupakan alumni SMP N 4 Kebumen dan sekarang bersekolah di SMA N1 Kebumen.Sesamapainya di sana saya tidak  langsung menghubungi narasumber sebab ketika itu masih ada jam pelajaran tambahan.Saya berpikir jika saya menghubungi beliau waktu itu,jam didik beliau akan berkurang dan terganggu.Akhirnya, saya putuskan untuk menunggu hingga penambahan jam pelajaran itu selesai.Setelah menunggu selama satu jam,penambahan jam pun selesai dan saya mencoba mencari narasumber hingga keliling sekolah dan bertanya-tanya tentang keberadaan narasumber.Setelah dua puluh menit saya mencari narasumber,saya putuskan untuk menelepon beliau.Saya perlu menelepon beliau berulang kali karena tidak ada jawaban dari narasumber.Setelah jam menunjukkan 14.30 telepon saya dijawab oleh narasumber.Beliau meminta maaf atas ketidaksanggupan untuk diwawancarai pada waktu itu karen di kediaman beliau sedang ada tamu dan dalam urusan penting.Kemudian,saya putuskan untuk mewawancarai narasumber hari Jum’at,27 Januari 2012.Pada hari itu beliau tidak bisa karena kesibukan beliau dan beliau harus pergi ke Yogyakarta.
Kebumen,   31  Januari  2012
Penyusun

Khanifatur Rochmah







H.    lampiran


SMP NEGERI 4 KEBUMEN


                       

1 komentar:

  1. nif gantian aku d follow balik ya... aku dh follow kamu

    prestydwif.blogspot.com

    BalasHapus